Cara menyetel gitar bagi pemula

by Denny Ismono on 04:45 PM, 05-Dec-12

Category: Trik dan tips

Belajar Cara Menyetel Gitar | Menyetem Gitar. Pertama dulu saya bermain gitar adalah ketika saya masih duduk dibangku SMP kelas VII, teringat betapa lucunya dulu awal mula bermain gitar , bisa bermain gitar adalah merupakan kepuasan tersendiri bagi peminat, namun bermain gitar saja kurang lengkap rasanya apabila kita masih belum bisa menyetel atau menyetemnya pada saat senar sewaktu-waktu menjadi fals. Hal ini perlu sekali sobat perhatikan agar suara senar gitar yang sobat mainkan tersebut dapat menuangkan dengan baik bahasa- bahasa nada bunyi yang tertulis dalam partiatur (teks lagu). Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyetem/ menyetel gitar. Namun disini, saya akan mencoba menghadirkannya dengan bahasa yang lebih mudah dipahami, Cara ini sangat cocok bagi sobat yang baru ingin bermain gitar/pemula sebagai langkah pembelajaran awal mendalami nada-nada lagu : 1. Petiklah senar gitar nomor 1 (paling bawah) tanpa tekanan, samakan dengan bunyi senar gitar nomor 2 yang ditekan pada kolom nomor 5. bunyi keduanya harus sama. 2. Putar senar nomor 1 dengan cara pelan pelan sampai menghasilkan bunyi yang paling dikehendaki. 3. Petik senar nomor 3 tekan pada kolom nomor 4. samakan dengan bunyi senar nomor 2 tanpa ditekan. 4. Petik senar nomor 4 tekan pada kolom nomor 5, samakan dengan bunyi senar nomor 3 tanpa ditekan. 5. Petik senar nomor 5 tekan pada kolom nomor 5, samakan dengan bunyi senar nomor 4 tanpa ditekan. 6. Petik senar nomor 6 tekan pada kolom nomor 5, samakan dengan bunyi senar nomor 5 tanpa ditekan. Jika sobat sudah melakukannya tapi suara gitar masih saja sumbang maka sobat harus mengulanginya sampai mendapatkan suara yang pas. jika keadaan tidak berubah maka periksalah keadaan senarnya . Maaf sebelumnya klo yg aq share kurang lengkap , , , jka s0bat ingin lbih pham lg silakan cari guru sndiri , hehehe

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

39 responses to "Cara menyetel gitar bagi pemula"

lina [06:06 PM, 05-Dec-12]

tanks

ikha [02:20 PM, 12-Feb-13]

waaahhhh kayakx cara inilah pling gampang apa lgi org yg baru belajar.
thans yach..????

Denny Ismono [06:14 PM, 12-Feb-13]

@ikha,
oke yuppzt sama2 , moga bermanfaat , smile

Sandra [01:13 PM, 16-Feb-13]

Hahaha

boil [11:36 PM, 28-Feb-13]

thanks yoooo....

Fey [08:10 PM, 13-Mar-13]

Ok gan..

ipunx [01:58 AM, 20-Mar-13]

mantap mas berrow..
thanks..

Denny Ismono [12:00 AM, 23-Mar-13]

@ipunx,
yuppzt sering2 mampir kwan

Joko pambudi [04:19 PM, 25-Mar-13]

Memutar'a kanan kiri sma saja kan?

Denny Ismono [10:19 PM, 28-Mar-13]

@Joko pambudi,
tergantung pd awal anda memutar untuk mengencangkanya , yg pnting atur nada agar sesuai dgn yg lainya dgn irama ,

@rizky tukliktuklik [01:31 AM, 29-Mar-13]

Maksutnya yang no.2 itu gmana ya kurang paham

Denny Ismono [06:15 AM, 29-Mar-13]

@rizky tukliktuklik,
maksud nya kmu tentuin dulu nada dr no.1 sesuai irama yg pas , trus kamu tekan senar no.2 d kolom kunci pd baris ke.5 ,
agar sama nadanya dgn no.1 tapi senar no.1 jgn d tekan ( biarkan terlepas )

Sams [01:46 AM, 04-Apr-13]

Mksh ea..,sngt membntu bngt utk pemula

Heru zaman [02:22 PM, 22-Apr-13]

Mas aq pngn dngrin lgunya d'p@s'4 yg baru

michael rumapea [08:06 PM, 27-Apr-13]

semoga ini membantu,
thankzz sobb

masbro [06:36 AM, 01-May-13]

masih belum mudeng juga

ĵнυη Ļєνєя [08:58 AM, 01-May-13]

Mmpir di blog lever guy

yudha pratama [10:22 AM, 04-May-13]

thankz bgt ya. . .
Kali ini aq psti bisa,

aziu [09:35 PM, 05-May-13]

wahhh ......
aku gak bisa-bisa . nyamain nada gak ketemu2x . prustasi gan @_@

woyo [08:47 PM, 08-May-13]

Mkasih atas bantuannya sob..

Cinta ketuk [01:59 PM, 13-May-13]

Oke Brow s¡aP??! Uwes biso aq iki,,
Haahaa Piiiizzzzzzz

rafy [09:51 AM, 18-May-13]

thanks banget masbrooo

aris munandar [06:45 AM, 22-May-13]

Cara ini lebih mudah d'pahamii , thank's ya ...

hilmy [04:38 PM, 24-May-13]

mantap bro........

rica [08:43 AM, 26-May-13]

aq gak iso panggah'an

uzheek [05:01 PM, 28-May-13]

ok di, . Gampang bro . .
.tpi ko' gk ktmu2 ea?. . . .

tamar [03:44 AM, 29-May-13]

mksih mz bro

cicik [08:11 PM, 02-Jun-13]

gmananya ngak jelas jga guru ini.
udah 5 jam aku cari2 gk ktemu jga

reza [09:03 PM, 05-Jun-13]

thank's bAnget ya...

yunicta [06:06 AM, 21-Jun-13]

tEtep gk biza uEyy

jemmi [03:38 AM, 09-Jul-13]

Kok ndak bisa ya???? Oooaalah gitar ku balin rupanya

Fandi Alamsyah [09:38 PM, 13-Jul-13]

thanks sob gue jgak pemula biggrin hehe

Dejavu [05:03 PM, 08-Aug-13]

Oalah gan,ini cara paling simple yg ane tau

Nice Info gan biggrin

Zan Kater [06:13 AM, 10-Aug-13]

thanks sop, lumayan bagus tapi kurang dari harapan

gunawan dwi putra [07:34 PM, 12-Aug-13]

ampuh cara nya bisa gwa makasih ya aak

ryan raditya bagas tara [07:26 AM, 25-Aug-13]

hla aku dri dulu gk bisa" nich mas...gmna cara'nya nich supaya bisa... ?

Udin E [11:56 AM, 25-Aug-13]

aku udah nyoba berkali" cara ini tapi gitarku tetep gk stem" jdi aku suruh org untuk nyetemnya...

zulfa [01:48 PM, 30-Sep-13]

tetap tidk bza nhe.

hasbi [03:35 PM, 16-Oct-13]

inilah cara yang terbaik tanks ya

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images